PERSAMI 2024

By SMP NEGERI 268 JAKARTA 26 Agu 2024, 14:18:00 WIB Sekolah
PERSAMI 2024

Gambar : PERSAMI 2024


Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) SMP 268 Jakarta  Tahun 2024

SMP Negeri 268 Jakarta mengadakan kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dengan tema "Mengudara di Angkasa Bersama Pramuka dan Walanka" bermaksud untuk memberikan pengalaman belajar yang bermanfaat dan menyenangkan bagi peserta, yang terdiri dari anggota Pramuka dan Walanka. Persami ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan kepramukaan, mempererat hubungan antar peserta, serta menanamkan nilai-nilai disiplin, kemandirian, dan tanggung jawab. Melalui berbagai kegiatan yang edukatif dan menantang, peserta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta semangat kebersamaan dan kerjasama. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan memperkuat karakter positif pada setiap peserta sehingga mereka dapat menjadi generasi muda yang berintegritas dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Kegiatan Persami SMPN 268 Jakarta bertujuan untuk menanamkan dan mengembangkan semangat yang tinggi bagi peserta pramuka; menciptakan kompetensi positif khususnya di bidang teknik kepramukaan dan umumnya di seluruh bidang yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari; memperkenalkan sisi menarik pendidikan kepramukaan kepada masyarakat umum khususnya para siswa-siswi baru; dapat memaksimalkan potensi individu pramuka dalam penguasaan materi serta prakteknya dalam kehidupan sehari-hari/lapangan; menjadikan anggota pramuka yang mencintai persahabatan, perdamain, saling hormat-menghormati, sekaligus sebagai media penyatu perbedaan; dan seleksi Regu Prestasi untuk di kirim ke Lomba Tingkat II dan seterusnya.

Kegiatan Persami SMPN 268 Jakarta dengan pendidikan dalam kepramukaan diharapkan bisa membantu menjawab tantangan zaman yang semakin pesat dan mempersiapkan generasi bangsa yang berkualitas. Secara historis, pramuka adalah bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia, dimana pramuka mempunyai peran untuk menumbuhkan semangat patriotisme pemuda-pemudi Indonesia sehingga perjuangan bangsa tidak terhenti karena para pejuangnya gugur dimedan perang. Setelah lepas dari belenggu penjajah secara fisik, fungsi pramuka sebagai pendidikan, permainan, dan pengabdian bagi masyarakat telah dapat mengubah ketergantungan pemuda-pemudi terhadap orang lain menjadi pribadi yang mandiri dan berjiwa sosial. 
Dengan demikian pramuka membentuk semangat kesetiakawanan sosial dan patriotisme yang ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat mendidik dan religius. Media menumbuhkan semangat kesetiakawanan sosial dan patriotisme antar kelompok satu dan lainnya adalah diadakan pertemuan antar pramuka yang mendidik secara periodik.
Dewan Pangkalan Gerakan Pramuka SMPN 268 Jakarta mengadakan acara ini dengan tujuan untuk menjalin rasa persaudaraan dan meningkatkan potensi dalam bidang kepramukaan, IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dan IMTEK, dalam bumi perkemahan. (Penulis IKA Fatimah)




PDF Plugin Not Available
Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment