PROJECT PENGUATAN PROFIL PANCASILA (P5)

By SMP NEGERI 268 JAKARTA 25 Okt 2023, 07:05:44 WIB Agenda
PROJECT PENGUATAN PROFIL PANCASILA (P5)

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal: Kenali Kotanye, Cintai Budayanye

Kegiatan P5 dengan tema Kearifan Lokal Budaya Betawi dilaksanakan SMP Negeri 268 Jakarta mulai tanggal 12- 20 Oktober 2023. Kegiatan yang dilaksanakan di antaranya pengenalan Budaya Betawi mulai dari sejarah, kesenian, kuliner, dan adat istiadat. 

Kegiatan Pembukaan P5 tema Kearifan Lokal Budaya Betawi diselenggarakan pada 12 Oktober 2023. Kepala SMPN 268 Jakarta, Bapak Gunadi, S.Pd., M.M., membuka kegiatan secara simbolis dengan melakukan pengguntingan pita. Acara diisi dengan penampilan hiburan tarian Ondel-Ondel, Lenggang Nyai, Sirih Kuning, dan Kreasi Betawi. Penampilan menyanyi juga turut memeriahkan kegiatan pembukaan.

Proses kegiatan P5 terlaksana beberapa hari dengan membuat miniatur ondel-ondel, miniatur rumah kebaya, kuliner tradisional Betawi, dan poster Budaya Betawi. Kegiatan pembuatan kuliner tradisional Betawi juga melibatkan orang tua sebagai tutor dan pendamping. Peserta didik diajarkan pengolahan kuliner tradisional Betawi ialah Kerak Telor, Es Selendang Mayang, Ancemon, Bir Pletok, Nasi Uduk, Nasi Ulam, dan lainnya. Peserta didik juga mengikuti proses latihan untuk menampilan kesenian dan budaya Betawi yang nantinya akan ditampilkan dalam Selebrasi.

Selebrasi P5 tema Kearifan Lokal Budaya Betawi dengan topik Kenali Kotanye, Cintai Budayanye menampikan Palang Pintu, Silat Betawi, Paduan Suara, Tarian Tradisional Betawi, dan Lenong Betawi. Peserta didik terlibat dalam penampilan hasil proses kreatif mereka selama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasil tema Kearifan Lokal.

Dengan kegiatan ini diharapkan peserta didik lebih mengenali kearifan lokal Budaya Betawi agar tetap bisa terjaga kelestariannya.

#smpn268jakarta

#p5

#budayabetawi

#kotajakarta




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment